Pertemuan Evaluasi Akhir LPM, LDPM dan PUPM 2018

Oasis Hotel, 2 November 2018

Pertemuan Evaluasi akhir yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan Aceh dilaksanakan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana Gapoktan pelaksana kegiatan memanfaatkan dana bantuan modal usaha Lumbung Pangan Masyarakat, Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) dan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM).

Peserta yang diundangan terdiri dari Tim Teknis Dinas Pangan Kabupaten dan Petugas Pendamping Gapoktan.

Semua gapoktan LDPM Tahap Penumbuhan telah menyelesaikan Gudang dan telah membeli gabah yang dibutuhkan untuk modal usaha sebanyak 1 kali putaran modal. Untuk kelompok LDPM Tahap Pengembangan juga telah membeli gabah sebanyak 1 kali putaran.

Semua gapoktan PUPM Tahap Penumbuhan telah memanfaatkan pasokan sebanyak 100% modal yaitu sebanyak Rp.100.000.000,- ada sebagian gapoktan telah menggiling dan menjualnya ke TTI, namun sebagian besar belum selesai proses giling dan ada juga yang masih dalam tahap pemesanan karung gabah, diharapkan selesai acara mereka akan langsung memasoknya ke TTI untuk disalurkan beras ke masyarakat.

Pada akhir pertemuan, peserta diajak untuk berdiskusi secara kelompok untuk menyusun strategi/kiat-kiat dalam membina gapoktan nya. Untuk itu dibuat Forum Group Discussion (FGD) yang dibagi ke dalam 4 kelompok:

  1. Kelompok pendamping LDPM
  2. Kelompok Pendamping PUPM Tahap Penumbuhan.
  3. Kelompok Pendamping PUPM Tahap Pengembangan.
  4. Kelompok Tim Teknis.

Masing-masing kelompok berdiskusi dan merekap hasil diskusinya dan membacanya melalui ketua yang dipilih untuk tampil di depan.

Berikut hasil diskusi yang disampaikan ke panitia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *