JAMBORE PENYULUH PERTANIAN KE II ACEH BARAT

Meulaboh, 04 – 06 November 2018

Jambore Penyuluh Pertanian ke 2 dilaksanakan di kota Meulaboh Aceh Barat. Dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT. Turut dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia, para Pejabat, bupati dan hampir seluruh kepala SKPA termasuk Kepala Dinas Pangan Aceh, DR. IR. Ilyas, MP hadir dalam acara tersebut.

Nova meminta agar penyuluh pertanian, tidak hanya terpaku pada peningkatan produksi. Penyuluh pertanian masih dituntut untuk meningkatkan perannya dalam mengembangkan dan memberdayakan para petani, meningkatkan akses sosial yang dapat memberikan informasi pasar dan teknologi dan dapat menghasilkan produk yang bermutu serta mampu mengembangkan diri untuk menjadi pengelola usaha agribisnis yang handal dan mandiri. “Saya berharap, melalui Jambore Penyuluh Pertanian ini, semangat dan upaya mewujudkan hal tersebut dapat segera direalisasikan,” kata Nova.
Sementara Bupati Aceh Barat, Ramli MS, mengharapkan para penyuluh pertanian se Aceh yang datang ke Meulaboh agar dapat memberi masukan pada dirinya dalam mengembangkan pertanian di Aceh Barat. “Agenda ini (Jambore Penyuluh) semoga bisa dikembangkan menjadi program pertanian di Aceh Barat,” katanya.
Ketua DPP Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia, Isran Noor, menyebutkan kegiatan penyuluhan di Aceh sangat berkembang. Dirinya pernah meninjau di beberapa lokasi seperti di Saree dan Takengon. Aceh, kata dia, merupakan salah satu produsen produk pertanian terbaik seperti kedelai dan padi. “Ini pertanda kemajuan di bidang pertanian di Aceh berhasil,” kata Isran Noor.
Jambore Penyuluhan Pertanian ke 2 diikuti oleh sekitar 3.000 penyuluh pertanian dari seluruh Aceh. Selain ajang temu para penyuluh, di kegiatan itu juga dipamerkan produk unggulan pertanian, seminar nasional dan temu profesi serta expo ternak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *