Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) PKA VII 2018

Kepala Dinas Pangan Aceh, DR. Ir Ilyas, MP. Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh

Dinas Pangan dan Tim Penggerak PKK Aceh, Gelar Lomba Masak di Ajang PKA-VII 2018

Dinas Pangan Aceh bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Aceh, mengadakan Lomba masak dengan tema “Cipta Menu Beragam, Seimbang dan Aman (B2SA)” tingkat provinsi di Taman Sulthanah Safiatuddin, tepatnya di Stand Lomba Masak Festival Kuliner pada ajang PKA-VII 2018, Rabu (8/08).

Lomba tersebut diikuti oleh 21 kabupaten/kota kecuali Langsa dan Subulussalam. Sementara tim penilai berasal dari unsur akademisi teknologi hasil pertanian, akademisi gizi, tata boga, pemerhati kuliner dan perhotelan yang diketuai oleh Dr. Normalina Arpi. M. Sc dari Fakultas Tehnik Hasil Pertanian Unsyiah.

Saat berlangsungnya lomba tersebut, Wakil Ketua PKK Aceh Dyah Erti Idawati berserta anggota dari berbagai kabupaten/kota ikut mencicipi masakan yang disajikan para peserta.

Selain mampu mengolah resep, menu pendamping yang disajikan juga bervariasi baik dari segi bahan maupun penyajiannya. Sementara untuk penilaian tidak hanya meliputi resep dan penyajian. Tetapi adanya dukungan pemerintah daerah dan masyarakat dalam menerapkan konsumsi B2SA dalam kehidupan sehari-hari.

Para peserta bisa memperkaya sajian makanan tradisional khas Aceh melalui pangan sehat untuk konsumsi. Ketentuan pangan lokal yang digunankan adalah selain beras dan terigu maupun produk turunannya seperti tepung roti, beras dan lain-lain.

Tujuan diadakan lomba tersebut adalah meningkatkan objektivitas pada penerapan keamanan dan kebersihan dalam proses pengolahan. Menu terdiri dari makanan utama (sarapan, makan siang dan makan malam) dan selingan yang dikonsumsi antara makanan utama.

Sementara hadiah yang disediakan untuk juara satu total Rp. 15 juta, juara dua Rp. 9 juta dan untuk juara tiga total Rp. 6 juta. Untuk Harapan satu, dua dan tiga masing-masing mendapatkan Rp. 2 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *