Dinas Pangan Bekali Bimbingan Teknis Kepada Poktan dan Gapoktan se-Aceh

Banda Aceh – Dalam upaya meningkatkan pengawasan pangan, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pangan Aceh melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani (Poktan/Gapoktan) di 23 Kabupaten/kota di Aceh.

Pelatihan Bimtek jaminan mutu dan keamanan pangan bagi kelompok tani dan gabungan kelompok tani tersebut di buka langsung oleh kepala Dinas Pangan Aceh, Dr. Ir Ilyas, MP di Banda Aceh, Minggu (22/07/18).

Dalam sambutanya ia mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengawasan produk pangan yang beredar di pasar layak dan aman untuk dikomsumsi oleh masyarakat.

Untuk kedepannya, kata Ilyas Dinas Pangan akan melakukan pengawasan terhadap semua produk asal tumbuhan dan juga harus memiliki sertifikasi.

“Ini sebagai upaya Dinas Pangan untuk meyakinkan masyarakat dalam mengkonsumsi bahan pangan aman dan higienis,” ujarnya.

Ia berharap kepada Bimtek jaminan mutu dan keamanan pangan bagi kelompok tani dan gabungan kelompok tani di 23 kabupaten/kota di Aceh tersebut dapat meningkatkan kesadaran produsen dan pelaku usaha mengenai pentingnya menerapkan cara budidaya serta penanganan produk yang baik sampai siap dikonsumsi.

“Kita juga mengupayakan setiap bulan akan melakukan pengecekan dengan bekerja sama dengan BPOM Aceh untuk mencegah penggunaan bahan-bahan berbahaya yang akan di tes di laboratorium” jelas Ilyas.

“Harapan kita kedepan dengan adanya pembekalan kepada Bimtek Poktan/Gapoktan ini agar dapat melakukan pengawasan dari tahap dasar agar bahan pangan yang beredar di pasaran steril dan aman dikomsumsi oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ded/ded)

Sumber : www.acehbisnis.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *